Pertama di Lamandau, Bupati Serahkan Sertifikat RSPO ke BUM Desa BMJ Mekar Mulya

Bupati Lamandau H Hendra Lesmana menyerahkan secara simbolis Sertifikat RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) kepada Direktur BUM Desa Berkah Mulya Jaya. Kegiatan seremonial penyerahan sertifikat RSPO bertempat di Halaman Kantor Desa Mekar Mulya, Kecamatan Sematu Jaya, Rabu (13/09/2023).

Raihan ini menjadi yang pertama di Kabupaten Lamandau ditingkat petani swadaya.

Turut hadir dalam acara tersebut, tim pendamping dari PT SSMS dan PT Ecogreen Oleochemicals, Kepala Desa Mekar Mulya, BPD Mekar Mulya, Kepala Dinas di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lamandau, Camat Sematu Jaya, Kapolsek Sematu Jaya, Kades se-kecamatan Sematu Jaya, Ketua BUM Desa/Koperasi se-kecamatan Sematu Jaya, Ketua Apkasindo Kabupaten Lamandau dan pekebun kelapa sawit yang mendapat sertifikat RSPO.

Direktur BUM Desa Berkah Mulya Jaya, Choirul Fuadi menjelaskan bahwa ada 126 petani dengan total luasan 537, 35 ha tergabung dalam audit tahun pertama ini. Setelah proses panjang, akhirnya pada akhir Januari 2023, petani swadaya yang tergabung dalam naungan bumdesa berkah mulya jaya mendapatkan status sebagai anggota RSPO.

“Dalam agenda audit sertifikasi, petani telah melalui 2 kali audit. Yakni pelaksanaan audit Internal pada bulan November 2022 yang tim Audit berasal dari masyarakat desa Mekar Mulya. Dan audit ke dua yakni audit eksternal pada bulan mei 2023 oleh PT Mutu Agung Lestari, dan pada akhirnya kita dinyatakan certified atau tersertifikasi RSPO,” ungkapnya.

Sementara itu, kepala desa Mekar Mulya , Herlangga Triatmaja Hadiwijaya, SH berharap dengan telah adanya RSPO bisa semakin meningkatkan kesejahteraan para petani di desa Mekar Mulya dan semakin banyak petani swadaya yang sadar akan pentingnya RSPO.

“Harapan kami, dengan adanya RSPO akan berdampak pada kesejahteraan pada warga kami dan menjadikan mekar mulya menjadi bersinar,” lanjutnya.

Bupati Lamandau H Hendra Lesmana menyatakan kebanggaannya karena ada BUMDes di kabupaten Lamandau yang menghimpun para petani swadaya di desa, mengikuti program sertifikasi RSPO independent Smallholder dan berhasil meraih sertifikat RSPO.

” RSPO memiliki beberapa prinsip dan kriteria yang harus dipatuhi, termasuk menghormati HAM, menghindari konversi hutan primer dan lahan gambut, mengelola limbah dengan baik, dan melindungi keanekaragaman hayati . Selain itu juga mempromosikan praktik pertanian yang efisien dan berkelanjutan,” ucap Bupati Lamandau H Hendra Lesmana.

Dengan adanya RSPO, diharapkan produksi minyak kelapa sawit akan menjadi lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Serta meminimalkan dampak negatifnya terhadap lingkungan dan masyarakat lokal. Dan menurutnya, kegiatan tersebut menjadi tolak ukur bagi petani sawit yang ada di Kabupaten Lamandau supaya dapat mengikuti jejak Bumdes Berkah Mulya Jaya dalam standarisasi kebun RSPO.

” Hal ini diharapkan jadi pemicu bagi BUMDes di desa lain , karena mayoritas perkebunan di kabupaten Lamandau adalah komoditas kelapa sawit,” ucapnya.

Lanjutnya, Pemerintah Daerah juga akan memberikan dorongan, kemudahan serta pendampingan bagi setiap petani di Kabupaten Lamandau sehingga dapat mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan petani dalam hal ini kelompok tani yang tergabung di dalam Bumdes.

“Tentu kita terus memberikan dukungan kepada petani sawit di Kabupaten Lamandau, kita juga medorong petani lainnya untuk mengikuti jejak Bumdes Berkah Mulya Jaya,” tuturnya.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *